Jumat, 06 Juli 2007

judul tak berjudul.. jadul..



ni adalah salah contoh... gw coba ini hmmm.. apa yaa hasil query... dari seorang inventor bernama Hermann Opperman kan... inputan gw ada dua tu.. maksud gw bisa implementasi algorithm langsung... klo misal ntar inputan banyak.. wah gw kagak ngerti lagi.. tp ni gw coba satu inputan n kluarnya gini ni...

kelemahan nya ni...

- belum pake konvergensi dari kleinberg algorithm.. tdnya gw patok ndiri konvergensi 0.01 tp belum gw "ON" coz masi lemot =P ntar gw utak atik lagi codenya.. biznya ngoding juga arraylist jutaan tahun cahaya wehehe...

o ya gw lampirin ni inputan gw...






nah ni dia.. sederhana kan??

nah.. gw bingung bole ngga klo query gini tapi dua ciri dimasukkan .. dalam artian,, tidak membentuk sebuah kalimat si....

sebagai contoh... gw masukin ni ya... Hermann Oppermann dengan class Inventor,, tyuz Stryker corporation dengan class Asignee.. nah yang ada antara keduanya hubungan layaknya AND tp bisa juga yang mentelengin ni form ni.. ngartiin Opperman menemukan paten yang disahkan oleh Stryker corporation.. nah cari ntu...


dapet deh kaya gini...







nah ni... total return ada lima... oh.. ya ni gw pake algorithm ro-path....






gw lupa.. jd ni ngga bener2 menerapkan sifat "AND" jg bisa ,, ada yang bilang klo semantik web tu kudu persis plek pas ma query.. pokoe ciri yang di query kudu pas persis.. ada juga yang bilang klo njlembret2 titik gpp.. katanya di W3C gitu sy.. well dunno lah...

tp di tmpt gw ntu tgt threshold lo yg lo tancepin ke ntu algorithm misal minimum ni yaaa... tergantung ontologinya juga si ni.. klo gw ontologi sederhana... yg agak luas ntu punya UMLS yang gw gabungin ke ontologi gw... tp RDFS utamanya bukan di UMLS melainkan yg menghubungkannya malah...

liat ni yang utama ok..

4 main properties... has_term(inverted added), invented (inverted added,, maksudnye ada sifat owl yang menambah vocab untuk si properties ni.. klo di owl jadi objectproperties,,, klo rdf biasa pake properties,, anyway sama aja... struktur juga sama.. cuman ditambahin doang... xml mah.. pokoe struktur mbentuk euy... oh ya dalam hal ini bentuk invertednya "invented_by"),
refers_to.., assigned (inverted added)

nah kan membentuk triples tu.. ^^ so klo mo threshold cuman 2 yah.. akurat.. rat.. tp klo threshold dimolorin mpe >2 mungkin aje ade yang kepentingannya jauh masuk ke dalam list..

tp di TA gw kagak peduliin threshold.. karena ontologi gw nggak besar parah... sederhana beut... so lebih banyak kondisi yang mengarah ke "akurat" tadi...


cuman ni.. masalahnya... program gw masi lemot.. parah hiks... padahal memori 1 gb,, hd gw kap. 100 gb je... pentium ok lah meski ngga DUO... =D utak2 lagi deh codenya.. padahal dah mo maju T_T masa molor ngga dapet A >:D

ada pic2 snapshotz laen ni....






ni contoh join association.. kito bundo cari hubungan antara kedua ciri yang berelasi.. kedua info yag berelasi ato apalah..

gw gak banyak cuap2 ini di sini.. ntar blog slanjutnya jah... tp yg ni relatif gampang kok.. its okay lah =)


itu sekedar GUI yg gw bangun.... pokoknya gw pake 3 form,,, query page.... result page1.. result page2,,, yang bedain apa 1 ma 2?????? pertanyaan bagus kawan...

ya ntu... page1 buat si path and cp ass. trus page2 buat si join ass , gw adil kan?? =D

ya gitu deh... simple aslinya...


ngodingnya gw aslinya gak pake pattern .. trus gw edit litel.. litel.. la.. pake pattern gitoh .. kaya implementasi abstract class pada pemilihan algoritma... trus 3 class saling berextend ria.. huhui apakah itu???


patentSearch -> filterInput -> setAlgorithm

yang patentSearch ke filterInput ni benernya masi double " ? "

soalnya belum diujikan.. dia diberdayakan untuk menuntaskan kasus dimana terjadi query di dalam ontologi UMLS itself.. apalagi ni gw barusaja reformasi.. apaan tuh??

gini... seluruh ancestor dari class UMLS ku bikin satu pucuk bernama... bioterm.. kaya manusia aja.. dari satu pucuk eyang Adam.. he he he..
so.. bisa dipastiin dong dan pasti.. inside UMLS onto' querying pasti dan tidak bukan adalah cp... right???

so the from the righteous thing behind all of this,,, we must conclude that...
the class parent n child

filterInput -> setAlgorithm,,,


biar ngga sia2.. capek gue deklarasi lagi variabel di setAlgorithm .. gw pake aja yg di filterInput,, meski ngga ngaru bgt coz ngga bisa parsing parameter... huff ^^

dah ah capek ntar gw corat-coret lagi...ni baru sebagian.. mo deeper?? gw revisi dulu...

Tidak ada komentar: