Jumat, 06 Juli 2007

Using RSS to Read Blogs... yuhuu...

Using RSS to Read Blogs

RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication - at least that’s the current definition.

The point of this page, anyway, is not to write an introduction or tutorial of RSS itself, but rather to how to use it to keep up with various blogs. (Well, frankly you can find such an article somewhere else… but I nevertheless will write one to please my readers).

Buat apa pakai RSS? (Untuk apa RSS?)

Situasinya begini….

Kita semua suka membaca blog. (Dan semua orang punya blog). Mungkin puluhan atau ratusan blog harus (atau pengin) dibaca tiap hari. BTW, aku berlangganan 150 blog saat ini…

Jika menggunakan browser biasa, berarti:

  • kita mesti mengunjungi puluhan atau ratusan URL yang berbeda-beda
  • mengunjungi berarti menuliskan URL yang panjang dan berbeda-beda itu atau buka bookmark satu per satu
  • 10 blog = 10 windows = 10 “wait for the webpage to display”

Apalagi kalau blognya jarang diupdate… kayak blog-ku ini :-) he… he… he…. Udah susah-susah tulis URL-nya, nunggu, nggak ada post baru… pembaca kecewa.

Atau sebaliknya, blognya terlalu sering diupdate, sehingga kita sering ketinggalan berita kalau nggak sering-sering visit. (Boss bisa ngamuk kalo anak buah kerjanya browsing melulu).

Betapa mudahnya jika semuanya bisa dilakukan dengan lebih praktis dan otomatis.

Enter RSS

RSS memungkinkan kita melakukan hal tersebut. Lewat cara ini, feedsummary atau bahkan full post dari suatu blog dapat dikirimkan dan dibaca, tanpa mengunjungi website blog tersebut. RSS adalah protokol standard, jadi nggak perlu program atau aplikasi khusus untuk membaca blog yang berbeda-beda.

Ada dua cara untuk baca blog lewat RSS: online (web-based) dan offline.

Online

Untuk online silakan kunjungi (dan register) di bloglines.com.

Ada juga Google Reader atau Yahoo RSS Reader. Bisa juga pakai fasilitas live bookmark-nya Firefox atau IE7 (cari saja extension yang untuk mempermudah memanage RSS). Favoritku tetap bloglines.

Offline

Berarti install program di PC (atau handphone atau PDA) yang untuk download RSS. Keuntungannya adalah bisa baca tanpa connect, kalau punya dial-up, bisa dipertimbangkan deh.

Terus terang, belum punya rekomendasi program yang OK lagi. Ntar kalau sudah ketemu, aku update posting ini.

How to Subscribe to RSS Feed

1) Cara normal…
Tiap-tiap blog biasanya menyediakan URL dari RSS Feed-nya. Untuk tahu apa URL-nya, find di halaman tersebut kata-kata yang berbunyi “feed”, “RSS”, “XML”, “subscribe to RSS”, atau logo-logo berwarna oranye seperti ini:

Biasanya pretty obvious kok. (Well, that reminds me to put that obvious logo in my blog).

Nah copy URL tadi dan paste ke bloglines.

2) Atau kalau pakai browser Firefox (atau IE7)…

Jika saat browsing ke suatu site kita lihat icon oranye tersebut di address bar (di bagian atas browser, sebelah tempat kita menuliskan URL), tinggal diklik aja icon oranye tersebut. Firefox 2.x bahkan sudah bisa integrasi ke bloglines, jadi sekali klik, bisa langsung subscribe ke bloglines.

So guys…

Use RSS to read blogs, it’s easier and more practical…. and subscribe to my feed :-)

http://duckling.wordpress.com/feed/

Tidak ada komentar: